Connect with us

Tanggapan RS Juliana Terkait Pemberitaan Pelayanan Pasien di IGD

Daerah

Tanggapan RS Juliana Terkait Pemberitaan Pelayanan Pasien di IGD


Bogor, 26 April 2025 – Menyikapi pemberitaan yang beredar terkait pelayanan pasien di
Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Juliana, kami merasa perlu memberikan klarifikasi demi
menjaga akurasi informasi dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan yang kami
berikan.
Pada malam tanggal 24 April 2025, seorang pasien datang ke IGD RS Juliana dengan keluhan
nyeri pinggang. Sesuai prosedur standar, tim medis kami melakukan triase untuk menilai
tingkat kegawatdaruratan kondisi pasien. Berdasarkan hasil penilaian awal dan pemeriksaan
tanda-tanda vital, kondisi pasien tergolong dalam kategori triase hijau, yang artinya kondisi
pasien tidak termasuk dalam kategori gawat darurat medis.
Sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam Permenkes
No. 47 Tahun 2018 dan BPJS Kesehatan dalam Berita Acara Nomor 1247/BA/1124 yang terbit
tanggal 30 Oktober 2024 mengenai pelayanan di IGD pasien dengan jaminan BPJS hanya dapat
diberikan kepada pasien dengan kondisi yang memenuhi kriteria gawat darurat. Oleh karena
itu, kami tidak dapat memproses klaim BPJS untuk kasus tersebut. Pasien telah diberikan
penjelasan mengenai hal ini, dan kemudian memutuskan untuk melanjutkan pelayanan di
fasilitas kesehatan lain.
Kami menghormati keputusan pasien tersebut dan terus berkomitmen memberikan pelayanan
kesehatan yang profesional, transparan, dan sesuai regulasi yang berlaku. RS Juliana selalu
mengutamakan keselamatan dan hak-hak pasien, serta menjalankan prinsip keadilan dalam
memberikan pelayanan kepada seluruh pasien baik peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
maupun Non Jaminan Kesehatan Nasional (Non JKN)
Kami sangat terbuka terhadap masukan kritik dan saran dari rekan-rekan media dan masyarakat
atas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Juliana. Kami juga bersedia untuk bekerja sama
dengan rekan-rekan media dalam menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat
mengenai regulasi terbaru di bidang Kesehatan.
Untuk pertanyaan lebih lanjut atau klarifikasi, silakan menghubungi Marketing RS Juliana
melalui email marketingrsjuliana@gmail.com atau nomor 0812-8640-1390.
Manajemen RS Juliana

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah

To Top